Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENANG SYABUN MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG | CARA MEMBUAT JENANG SYABUN KHAS TULUNGAGUNG | RESEP JENANG SYABUN TULUNGAGUNG JAWA TIMUR

Kabupaten Tulungagung mempunyai beragam makanan khas  yang cukup banyak dan nikmat .Salah satunya adalah Jenang Syabun yang mempunyai rasa cukup manis dan legit . Nikmatnya Jenang Syabun ini ternyata diminati konsumen luar negeri. Jenang Syabun sendiri bahan dasarnya , beras ketan , kelapa , gula pasir dan susu kental manis , serta tanpa bahan pengawet kimia yang di masak dalam sebuah beajana besar , dengan di aduk terus menerus hingga mengental . "Syabun berasal dari bahasa arab sobun yang artinya muda , nama ini diberikan agar para generasi penerus Jenang Syabun ini selalu bergikir muda dan kreatif.  Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Tulungagung Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep jenang Syabun tulungagung
Bahan-bahan:
-400 gr Tepung Ketan
-600 ml Santan Kental (saya pakai santan kara)
-100 ml Air
-200 gr Gula Pasir / 350gr (bagi yang suka manis)
-250 gr Gula Merah
-1 sendok teh Garam

Langkah-langkah:
-Rebus gula merah dengan 100ml air hingga mendidih dan gula mencair lalu saring dan sisihkan.
-Campur tepung ketan,garam,gula pasir dalam wajan kemudian masukkan santan lalu aduk dengan wisk hingga rata dan tidak bergerendil.
-Nyalakan kompor masak dan aduk-aduk dengan sendok kayu lalu masukkan gula merah cair,aduk sampai rata dan hingga adonan kalis dan berat.
-Kecilkan api aduk terus hingga adonan licin dan berat, masak kurang lebih 1 jam (lama memasak tergantung banyak sedikitnya adonan),setelah itu matikan api dan tuang jenang dalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak goreng dan ratakan lalu biarkan sampai dingin.
-Setelah jenang dingin baru dipotong-potong.
-jenang syabun siap dihidangkan

demikian cara membuat jenang syabun khas tulunggung dan nantikan resep nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba


1 comment for "JENANG SYABUN MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG | CARA MEMBUAT JENANG SYABUN KHAS TULUNGAGUNG | RESEP JENANG SYABUN TULUNGAGUNG JAWA TIMUR"

silahkan di share

close