Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PECEL MAKANAN KHAS PONOROGO JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT PECEL KHAS PONOROGO | RESEP PECEL KHAS PONOROGO JAWA TIMUR

Pecel Ponorogo -Pecel Ponorogo juga mempunyai citra rasa yang kuat berbeda dengan pecel pada umumnya yang sering kita jumpai. Bahan pecel sayuran hampir sama dengan daerah lain seperti kacang panjang, bayam, kemangi, daun pepaya, tauge, lamtoro, kembang turi dan lain-lain. meski sama-sama sambal pecel, sambal pecel khas ponorogo agak berbeda rasanya dengan sambal pecel daerah lain. Bedanya memang ada dibahan dasarnya yang mungkin lebih sederhana dibanding dengan sambal pecel Madiun atau yang lainnya. Selain itu, kacangnya tidak digoreng dengan minyak alias disangrai sampai matang. Bumbu yang berbeda yaitu aroma lebih sedap dengan rasa pedas dan bumbu kacang kental. Pecel di Ponorogo sering kali dipakai untuk sarapan pagi, jika ingin mencoba cari di pagi hari.Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Ponorogo Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Pecel Khas Ponorogo Jawa Timur
Bahan-bahan :
-¼ Kilogram kacang tanah yang masih berkulit ari disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai matang

Bumbu dihaluskan:
-2 biji Asam Jawa
-75 gram gula merah, sisir halus
-4 buah cabe merah
-5 buah cabe rawit (atau sesuai selera)
-5 siung bawang putih
-½ sendok makan garam
-5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya

Cara membuat :
-Haluskan kacang tanah dengan cara ditumbuk atau diuleg, jika ingin lebih praktis bisa digiling dengan mesin atau yang lain.
-Kemudian, masukkan bumbu dan halus dan haluskan dengan ditumbuk, atau diuleg sampai bercampur sempurana dan lembut atau hampir lembut sesuai selera
-Untuk menggunakan, tambahkan air sesusi kebutuhan, jangan terlalu banyak agar sambalnya tidak terlalu encer. Tunggu beberapa saat sampai sambal melunak lalu aduk hingga rata.
-pecel khas ponorogo siap di hidangkan

Demikian cara membuat pecel khas ponorogo jawa timur dan nantikan resep nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

Post a Comment for "PECEL MAKANAN KHAS PONOROGO JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT PECEL KHAS PONOROGO | RESEP PECEL KHAS PONOROGO JAWA TIMUR"

close