Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NASI / SEGO GEGOG MAKANAN KHAS TRENGGALEK | CARA MEMBUAT NASI GEGOK KHAS TRENGGALEK | RESEP NASI / SEGO GEGOK KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR

Nasi / Sego gegog- Makanan khas trenggalek ini mungkin masih belum pernah ditemukan di daerah lain. Nama nasi gegog sendiri merupakan akronim dari “Sego Genem Godhong Gedhang” yang berarti nasi bungkus menggunakan daun pisang. Sego gegog pertama kali dipopulerkan di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek oleh Mbah Tuminah sebagai pelopor pencetus pertama Sego gegog.Tipografi trenggalek yang dikelilingi pengunungan menjadikan pekerjaan mayoritas masyarakat sekitar sebagai petani di ladang. Nasi gegog ini cukup populer di masyarakat trenggalek, nasi putih yang di taburi dengan sambel teri, parutan kelapa dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.Jika kamu ingin mencicipi makanan khas sego gegog anda bisa menemukannya di desa Sumurup kecamatan Bendungan. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Trenggalek Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep nasi gegog khas Trenggalek
Bahan-bahan:
-Nasi yang telah dimasak setengah matang
-Daun pisang untuk membungkus
-100 gram teri yang sudah diseduh
-2 lembar daun salam

Bumbu halus:
-¼ sdt garam
-¼ sdt gula pasir
-100 ml air
-2 sdm minyak untuk menumis
-Lengkuas, dimemarkan
-Jahe, dimemarkan
-6 siung bawang merah
-4 siung bawang putih
-3 buah cabai merah keriting
-7 buah cabai rawit

Cara membuat nasi gegog:
-Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan jahe sampai harum. Masukkan teri. Tuangkan air sedikit demi sedikit.
-Aduk rata dan masak sampai meresap. Ambil daun pisang sendokkan nasi, bubuhi sambal teri dan bungkus menggunakan daun pisang.
-Lalu dikukus hingga matang selama 15 menit dengan api sedang.
-Nasi gegog siap disajikan.

Demikian cara mudah membuat nasi / sego gegog khas trenggalek dan nantikan resep masakan nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

Post a Comment for "NASI / SEGO GEGOG MAKANAN KHAS TRENGGALEK | CARA MEMBUAT NASI GEGOK KHAS TRENGGALEK | RESEP NASI / SEGO GEGOK KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR"

close