Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NASI PATIK MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT NASI PATIK KHAS TULUNGAGUNG | RESEP NASI PATIK KHAS TULUNGAGUNG

Di Kabupaten Tulungagung Nasi patik sangat di gemari baik itu anak muda maupun orang tua karena rasanya yang khas dan sedap, menurut penuturan salah satu pedagang Nasi patik yang berdagang Nasi patik di kawasan pasar ngemplak ini dagangan Nasi patik-nya selalu laris tiap hari. Hampir semua pedagang Nasi patik menyajikan Nasi patik dengan cara di bungkus dengan daun pisang, ini bertujuan untuk tetap menjaga ciri khas Nasi patik yang tradisonal serta mempertahankan rasa serta aroma sedapnya. Cerita tentang Nasi patik sendiri menurut masyarakat Tulungagung adalah berasal dari suatu daerah bernama patik di Kauman sebuah kecamatan di Tulungagung Jawa Timur. Cerita ini bermula ketika para pedagang nasi dengan sayur lodeh serta urap-urap ini menjajakan dagangan mereka di pasar dan rata-rata pedagang ini berasal dari desa patik, akhirnya untuk mempermudah menyebut nama maka muncullah ide untuk menyebut nama makanan tersebut menjadi Nasi patik. Menu Nasi patik sangat mudah untuk di buat sendiri di rumah, banyak ibu-ibu rumah tangga di Tulungagung yang membuat sendiri sajian Nasi patik untuk hidangan keluarga mereka. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Tulungagung Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep nasi patik khas tulungagung
Bahan-bahan :
-Nasi Putih
-Ikan Asin Goreng
-Kerupuk
-Bubuk Kedelai

Bahan untuk sayur Lodeh:
-1 Ikat Kacang panjang
-200 Gram Nangka Muda
-250 Ml Santan Cair
-1 Liter Santan Kental
-1 Ruas Lengkuas
-2 Lembar daun Salam
-Garam secukupnya

Bumbu untuk sayur lodeh:
-3 Siung bawang putih
-6 Buah Bawang Merah
-1 sendok Teh Ketumbar
-3 Buah Cabe Merah
-2 Cm kencur

Bahan-bahan untuk Urap-urap:
-2 ikat daun ketela pohon muda
-1 ikat kacang panjang
-200 Gram Tauge
-½ butir Kelapa parut

Bumbu Urap-urap:
-7 Buah Cabe Merah
-3 Siung bawang Putih
-1 sendok teh Ketumbar
-1 cm kencur
-Garam secukupnya

Cara Memasak sayur Lodeh:
-Rebus nangka muda masukan bumbu yang sudah di haluskan bersam dengan lengkuas daun salam
-Serta santan cair.
-Ketika nangka sudah kelihatan empuk, masukan kacang panjang, dan semua bahan ketika terasa akan mendidih masukan santal kental aduk hingga merata dan sayur lodeh siap disajikan.

Cara membuat urap-urap:
-Rebus semua sayuran hingga matang, lalu tiriskan
-Haluskan bumbu dan campurkan dengan parutan kelapa lalu goreng tanpa minyak
-Campurkan sayuran dengan parutan kelapa.

Cara menyajikan nasi patik:
-Siapkan nasi dalam piring tambahkan dengan sayur lodeh, urap-urap, ikan asin beri bubuk kedelai dan kerupuk.

Demikian cara mudah membuat nasi patik khas tulungagung dan nantikan resep masakan nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

Post a Comment for "NASI PATIK MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT NASI PATIK KHAS TULUNGAGUNG | RESEP NASI PATIK KHAS TULUNGAGUNG"

close