Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MI ONGKLOK MAKANAN KHAS WONOSOBO | RESEP MEMBUAT MI ONGKLOK ASLI WONOSOBO | CARA MEMBUAT MI ONGKLOK KHAS WONOSOBO JAWA TENGAH

Mie ongklok- Mie ongklok merupakan makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa disebut dengan loh. Ongklok sebenarnya adalah nama alat bantu untuk merebus mi. Semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut. Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul khas Wonosobo, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan ternyata setelah kita menikmatinya maka akan ketagihan.

Ada beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur. Di dataran tinggi Dieng maupun di pusat kota Wonosobo, Anda bisa menikmati makanan khas yang satu ini, mulai dari kaki lima maupun restoran khusus mie ongklok, mie ongklok ini akan nikmat apabila disandingkan dengan sate dan juga tempe kemul, jika anda datang ke Wonosobo belum menikmati masakan khas Wonosobo ini maka belum lengkap wisata anda ke Wonosobo.  Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan khas nusantara ini dan bagi para perantau asli wonosobo bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara . Di sini kami akan membahas cara membuat berbagai opak singkong dari yang opak singkong biasa, opak singkong pedas dan opak singkong parut. selamat membaca.

Resep mi ongklok khas wonosobo
Bahan-bahan:
-300 gram mi basah/mi telur, rebus sesuai petunjuk kemasan
-3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
-4 butir bawang merah
-2 siung bawang putih
-½ sdt merica butir
-1 sdt garam
-100 gram daging sapi rebus, potong-potong
-4 lembar daun kol, iris kol
-½ ikat daun bawang kucai, iris 2 cm
-750 ml kaldu daging
-3 sdm kecap manis
-1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:
-Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum
-Masukkan potongan daging rebus.
-Tambahkan kol, daun bawang kucai, dan kaldu daging. Masak sampai mendidih.
-Bubuhkan kecap manis, masukkan mi basah
-Aduk-aduk, kentalkan dengan larutan tepung kanji
-Angkat dan sajikan hangat
-Mi ongklok siap di hidangkan

Demikianlah cara mudah membuat mi ongklok makanan asli dari wonosobo, jika anda ingin membuat makanan khas wonosobo atau makanan khas seluruh indonesia silahkan baca artikel disini karena tersedia banyak resep masakan khas nusantara dan selamat mencoba



Post a Comment for "MI ONGKLOK MAKANAN KHAS WONOSOBO | RESEP MEMBUAT MI ONGKLOK ASLI WONOSOBO | CARA MEMBUAT MI ONGKLOK KHAS WONOSOBO JAWA TENGAH"

close