Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ALEN- ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT ALEN-ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | RESEP ALEN-ALEN KHAS TRENGGALEK

Alen-alen adalah jajanan atau cemilan khas Trenggalek, cita rasa yang disajikan adalah rasa gurih dan sensasi renyah saat mengunyahnya. Alen - alen asal kata makanan ini adalah ali - ali maksutnya bentuknya menyerupai ali- ali. Dengan perpaduan rasa gurih dan renyah makanan ini sangat familiar dengan lidah orang Trenggalek. Terbuat dari tepung tapioka, bawang putih, telur, dan masih banyak yang lain. Menandakan bahwa makanan khas Trenggalek yang satu ini adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Sejak pertama kali di populerkan di kecamatan Kampak akhirnya makanan ini telah menyebar ke penjuru Trenggalek. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Trenggalek Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.
Kini di setiap warung bahkan sampai pusat jajanan di Trenggalek pasti terdapat alen sebagai salah satu dagangan mereka. Karena kelezatanya makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga, dan juga sebagai teman bareng ketika bersantai.

Resep alen-alen makanan khas trenggalek jawa timur
bahan:
- 1 kg minyak goreng
- 500 gr tepung tapioka
- 1 sdt garam
- 6 siung bawang
- air
- 2 cm kunyit

Cara membuat:
-Panaskan air sampai mendidih.
-Haluskan bawang,kunyit,dan garam.
-Tempatkan tepung tapioka dalam mangkok besar campur dengan bumbu.
-Siram dengan air panas sedikit demi sedikit sambil di uleni.
-Jika kekenyalan sudah pas giling dengan tangan berbentuk lonjoran.
-Lonjoran tersebut lalu bentuk bulat menyerupai cincin.
-Letakkan bulatan tersebut di loyang dengan di taburi tepung agar tidak lengket satu dengan lainya.
-Panaskan minyak goreng.
-Jika sudah panas masukkan alen goreng sampai matang.
-Angkat alen alen dari penggorengan dan tiriskan.

Demikian cara mudah membuat alen-alen khas trenggalek dan nantikan makanan khas nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

baca juga : cara mudah membuat sarabah

Post a Comment for "ALEN- ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT ALEN-ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | RESEP ALEN-ALEN KHAS TRENGGALEK"

close